Potensi Wisata Kabupaten Tambrauw

Posted by Unknown Rabu, 16 Maret 2011 5 komentar

Kabupaten Tambrauw merupakan kabupaten baru yang dimekarkan dari kabupaten Sorong dan kabupaten Manokwari pada tahun 2009 berdasarkan keputusan MK RI Nomor 127/PUU-VII/2009, tanggal 25 Januari 2009. Kabupaten Tambrauw terdiri dari 11 distrik yaitu Abun, Amberbaken, Fef, Kebar, Kwoor, Miyah, Moraid, Mubrani, Sausapor, Snopi, dan Yebun. Dengan ibu kota pemerintahan di Fef. 
Batas wilayah Kabupaten Tambrauw yaitu sebelah Utara berbatasan dengan Samudera Pasifik, sebelah Selatan berbatasan dengan kabupaten Sorong Selatan, sebelah Barat berbatasan dengan kabupaten Sorong Selatan dan sebelah Timur berbatasan dengan Distrik Sidey Kabupaten Manokwari.

Sebagai kabupaten baru, Tambrauw berusaha mengekplorasi berbagai sumber daya alam yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan daerahnya.  Salah satu potensi daerah yang bisah dikembangkan adalah potensi pariwisata berbasis alam atau sering di sebut Ekoturisem.
Kabupaten Tambrauw memiliki kawasan konservasi yang dapat dikatakan masih asli yaitu CA. Pengunungan Tambrauw, TWA (Taman Wisata Alam) Pulau Dua dan juga SM. (Suaka Margasatwa) Jamursba Medi.
SM Jamursba Medi dan TWA Pulau Dua merupakan kawasan konservasi yang sangat mudah dikunjungi karena berada di samuderah pasifik.  Untuk sampai di kawasan ini hanya dengan mengunakan long boat atau speedboath dengan lama perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari Sausapor.  jika perjalan dilakukan dari Sorong dengan mengunakan speed boat dapat mencapai 4-5 Jam.

SM. Jamursba Medi; merupakan pantai peneluran penyu Belimbing (Dermochelis coriacea), dan juga beberapa jenis penyu lainnya seperti penyu Sisik, penyu Hijau dan penyu Tempayang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh BBKSDA Papua Barat, WWF dan NOOA, diketahui bahwa penyu Belimbing yang setiap tahun naik dan bertelur di pantai Jammursba Medi mencari makan sampai ke pantai Florida Amerika Serikat dan setelah itu ia akan kembali lagi ke pantai Ja,mursba Medi untuk bertelur.  Penyu Belimbing ini merupakan maskot pemerintah kabupaten Tambrauw sehingga  dipakai sebagi logo kabupaten.  Menyaksikan aktivitas "Dinosaurus" ini di  pantai Jamursba Medi merupakan pemandangan yang langka dan unik. Anda dapat mengabadikan semuanya dengan camera atau handycam.


TWA. Pulau Dua.
Pulau Dua merupakan daerah singgah penyu Belimbing, penyu Sisik, penyu Hijau dan penyu Tempayang sebelum mendarat di pantai Jamursba Medi untuk bertelur.  Di pulau ini terdapat berbagai jenis karang, ikan, penyu, dan biota laut lainnya yang masih asli.  Pulau Dua memiliki tutupan karang sekitar 70% yang sehat.  Sekitar pulau ini anda dapat menyelam pada kapal karam Ex-Perang Dunia II yang tengelam dan juga pesawat tempur.  Kapal-kapal ini bagai rumah ikan yang dibentuk sebagai sebuah taman bawah air.  sekitar Pulau Dua dikelingi pasir putih lembut, yang  dapat memanjahkan anda berjemur diterpa sinar matahari,
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Potensi Wisata Kabupaten Tambrauw
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://warung-pinang.blogspot.com/2011/03/beberapa-potensi-wisata-kabupaten.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

saya apresiasi dengan kehadiran blog ini, harapan saya dapat di-update sesering mungkin dengan menambahkan banyak lagi materi.
akhirnya, semoga semangat konservasi sumber daya alam tetap menjadi roh dalam pembangunan kabupaten Tambrauw>>>>

Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Tambrauw mengatakan...

Mntp ! Tambrauw memng surga nya Kepala Burung papua

Unknown mengatakan...

Tks. Carlos tuk suportnya.

Unknown mengatakan...

mantap artikelnya saudara,
saya hanya mau menambahkan saja, kalau bisa ada Komunitas BackPacker Kab Tambrauw yang selalu mengupdate gambar" Keindahan Alam Kab. Tambrauw. Buat juga Group BackPacker di Facebook sehingga keindahan Alam Tambrauw dapat di kenal semua Orang dan menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke Kab. Tambrauw. Terimakasih

Selimut mengatakan...

jauh sekali dari daerah saya. Sy di Jawa...

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Warung Pinang.